Ujian tesis oleh saudari Michelia Fitrianing Setyawan pada Rabu, 31 Januari 2024 pukul 09.00-11.00 WIB secara luring di Gedung J304 FPIK Undip. Ujian tesis sebagai akhir tahapan dalam menyelesaikan studi di Program Magister yang telah dilalui dengan berbagai suka maupun duka hingga mencapai tahapan ini.

Ujian tesis yang telah dipaparkan berjudul “Analisis Kesesuaian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan Berdasarkan Kepmen-KP/52A/2013 dan Pengembangan Keberlanjutannya”. Berdasarkan hasil penelitian, Kategori tempat pendaratan ikan pada TPI PPN Pekalongan mendapatkan skor rata-rata 3,3 yang menandakan memang sudah cukup sesuai tetapi masih banyak indikator yang belum sesuai dengan peraturan yang ada. Kriteria tempat pemasaran hasil ikan didapatkan hasil skor rata – rata 3,92 yang dikategorikan sesuai tetapi masih perlu diperhatikan untuk beberapa aspek tempat pemasaran hasil ikan, ini mendakan bahwa di TPI PPN Pekalongan dapat dikatakan cukup sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 52 A Tahun 2013 Tentang Pengendalian Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pada Proses Produksi, Pengolahan dan Distribusi. Status dan indeks keberlanjutan pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan di PPN Pekalongan untuk dimensi ekologi, dan teknologi berstatus Kurang Berkelanjutan, sedangkan untuk dimensi ekonomi, dan dimensi sosial berstatus Cukup Berkelanjutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Dian Wijayanto, S.Pi., M.M., M.S.E. (Pembimbing 1), Dr. Ir. Herry Boesono S., M.Pi. (Pembimbing 2), Dr. Abdul Kohar Mudzakur, SPi, MSi (Penguji), Dr. Ir. Frida Purwanti, MSc (Penguji) dan Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si (selaku Pengelola Program Studi). Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, saudara Michelia dinyatakan dapat LULUS dengan revisi minor (tidak merubah konsep tetapi merubah atau memperbaiki format). Tetap semangat untuk menyelesaikan revisi untuk meraih gelar baru dan Semoga sukses!