Ujian tesis oleh saudari Nur Rizki Sari pada Rabu, 27 Maret 2024 pukul 14.00-16.00 WIB secara daring (offline) di Gedung J Ruang 304 FPIK Undip. Ujian tesis sebagai akhir tahapan dalam menyelesaikan studi di Program Magister yang telah dilalui dengan berbagai suka maupun duka hingga mencapai tahapan ini.

Ujian tesis yang telah dipaparkan berjudul “Analisis Zona Potensi Penangkapan Ikan Tuna (Thunnus spp.) di WPPNRI 572 Berdasarkan Sub-Surface Temperature”. Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi perikanan tuna di WPPNRI 572 berdasarkan data produksi yang di peroleh dari PPS Bungus termasuk dalam kategori not overfished and not subject to overfishing. Pola sebaran hasil tangkapan tuna madidihang tersebar sepanjang tahun pada perairan dalam dan luar Kepulauan Mentawai, sedangkan pola sebaran hasil tangkapan tuna mata tidak tertangkap sepanjang tahun. Sebaran zona potensi daerah penangkapan ikan tuna (Thunnus spp.) di WPPNRI 572 berdasarkan metode ECDF menggunakan algoritma dengan nilai R2 tertinggi yang divisualisasikan secara 3 dimensi, dimana visualisasi tersebut menyajikan hasil tangkapan yang menembus sebaran suhu menunjukan bahwa suhu tersebut
merupakan keberadaan suhu optimum penangkapan tuna yang berbeda di setiap musim.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, M.Sc. (Pembimbing 1), Prof. Dr. Aristi Dian Purnama Fitri, S.Pi, M.Si. (Pembimbing 2), Ir. Max. Rudolf Muskananfola, M.Sc, Ph.D. (Penguji), Dr. Ir. Pujiono WP, M.S. (Penguji) dan Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si. (sebagai Pengelola Program Studi).

Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, saudari Nur Rizki dinyatakan dapat LULUS dengan revisi minor (tidak merubah konsep tetapi merubah atau memperbaiki format). Tetap semangat untuk menyelesaikan revisi untuk meraih gelar baru dan Semoga sukses!