Semarang, Selasa | 7 Mei 2024
Telah berlangsung ujian tesis oleh saudara Aquilio Pereira pada pukul 10.00-12.00 WIB secara Luring di Gedung J Ruang 305 FPIK Undip. Ujian tesis merupakan tahapan akhir dalam menyelesaikan studi di Program Magister sehingga dilakukan secara tertutup untuk menentukan kelulusan mahasiswa.

Ujian tesis yang telah dipaparkan berjudul “Pengelolaan Potensi Daya Tarik Ekowisata Bahari Ditinjau dari Kearifan Lokal Tara Bandu Di Pulau Ataúro, Timor Leste”. Berdasarkan hasil penelitian tesis, saudara Aquilio menjelaskan bahwa pulau Ataúro dikatakan masih jauh dari yang seharusnya karena dari pihak pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan fasilitator terkesan berjalan sendiri dalam hal pengelolaan pariwisata. Selain itu juga ada tempat-tempat peninggalan dari Portugal, Jepang yaitu penjara di bawah tanah, Goa, Air panas. Masyarakat pulau Ataúro menghidupkan kembali peraturan pengelolaan lahan tradisional yang dikenal sebagai Tara Bandu. Penerapan peraturan tersebut guna untuk mengembangkan pariwisata yang berbasis masyarakat, dari tujuan Tara Bandu untuk melestarikan terumbu karang dengan keanekaragaman hayati paling banyak.

Ujian dihadiri oleh Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. (Pembimbing 1), Prof. Dr. Dian Wijayanto, SPi, M.M., M.S.E (Pembimbing 2), Dr. Ir. Frida Purwanti, M.Sc (Penguji), Dr. Abdul Kohar Mudzakir, S.Pi., M.Si. (Penguji)dan Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si (selaku Pengelola Program Studi). Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, saudara Aquilio Pereira dinyatakan dapat LULUS dengan beberapa catatan masukan yang harus diperbaiki. Tetap semangat umenyelesaikan revisi untuk meraih gelar baru dan Semoga sukses!