Ujian tesis oleh saudara Iman Kadarusman pada Kamis, 16 Mei 2024 pukul 08.00-10.00 WIB secara hybrid di Gedung J Ruang 305 FPIK Undip dan Ms. Teams. Ujian tesis sebagai akhir tahapan dalam menyelesaikan studi di Program Magister yang telah dilalui dengan berbagai suka maupun duka hingga mencapai tahapan ini.

Ujian tesis yang telah dipaparkan berjudul “Analisis Susut Hasil Ikan Kembung (Rastrelliger sp.) di Pelabuhan Perikanan Pantai Tawang Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah”. Berdasarkan hasil penelitian, berdasarkan hasil uji laboratorium bahwa ikan kembung yang berada di Kawasan PPP Tawang masih berada dalam batas standar SNI 2729:2021. Hasil perhitungan susut hasil ikan kembung di PPP Tawang yaitu susut fisik sebesar 7,60%+3,39% dan susut mutu sebesar 4,03%+2,85%. Berdasarkan hasil perolehan data susut fisik dan susut mutu, maka dapat diperoleh susut total sebesar 19,76%+0,77% dengan nilai susut finansial sebesar Rp 180.400. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategi untuk Pengembangan Penanganan Ikan di PPP Tawang adalah progresif. Strategi ini menunjukkan bahwa strategi yang ada dalam kondisi mantap, sehingga dapat terus memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Eko Nurcahya Dewi, M.Sc (Pembimbing 1), Prof. Dr. Dian Wijayanto, S.Pi, M.M, M.S.E (Pembimbing 2), Dr. Abdul Kohar Mudzakir, S.Pi., M.Si. (Penguji), Dr. Putut Har Riyadi S.Pi., M.Si (Penguji) dan Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si. (sebagai Pengelola Program Studi). Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan, saudara Iman Kadarusman dinyatakan dapat LULUS dengan revisi minor (tidak merubah konsep tetapi merubah atau memperbaiki format). Tetap semangat untuk menyelesaikan revisi untuk meraih gelar baru dan Semoga sukses!